Harga Emas Dengan Asumsi Nilai Tukar Rupiah Random…

Dari statistik harga emas sejak Januari 2000, model matematika yang saya perkenalkan dalam tulisan kemarin 22/01/2011 telah memberi gambaran yang secara statistik sangat akurat dengan R2 lebih dari 98% untuk harga emas dalam US Dollars. Hanya konversinya ke Rupiah, dalam tulisan sebelumnya tersebut masih saya gunakan model linear untuk nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar yang sebenarnya sangat tidak akurat mengingat model linear ini- meskipun sudah paling akurat dibandingkan model lainnya – tetap tidak bisa memberikan akurasi karena R2 yang dihasilkan hanya sekitar 5%.

 

Artinya nilai tukar Rupiah nampaknya berperilaku yang tidak beraturan – atau random terhadap US$ dalam kurang lebih 11 tahun terakhir. Maka dalam tulisan ini saya coba lagi menghitung harga emas sampai akhir tahun ini dengan menggunakan asumsi nilai tukar Rupiah yang  random ini. Agar tidak terlalu lebar kemungkinannya, maka saya gunakan asumsi yang paling mungkin yaitu nilai tukar Rupiah terhadap US$ Dollar bisa berapa saja tetapi dalam kisaran Rp 8,500/US$ s/d Rp 9,500/US$.

 

Maka dengan kombinasi model harga emas dalam US$ yang sudah akurat dengan randomnya nilai tukar Rupiah tersebut, ada kemungkinan yang tidak terbatas mengenai harga emas dalam Rupiah yang akan bisa terjadi sampai akhir tahun ini. Grafik dibawah hanyalah salah satu snapshot-nya. Pada model aslinya di komputer saya setiap ditekan enter – grafik akan berubah bentuknya, ini menggambarkan betapa penuh ketidak pastiannya harga emas ini.


Gold Price Random 2011

 

Menariknya adalah, meskipun grafik terus bisa bergerak secara tidak beraturan, sejauh random-nya nilai tukar Rupiah tetap berada diantara Rp 8,500/US$ s/d US$ Rp 9,500/US$ , ujung grafik kuning yang menggambarkan posisi rata-rata harga emas di akhir tahun ini tidak jauh dari garis angka Rp 450,000/gram.

 

Apa maknanya ini ?, kemungkinan terbesarnya adalah harga emas tetap akan naik sampai akhir tahun 2011 ini meskipun kita mungkin tidak bisa berharap kenaikan ini akan terlalu besar. Bila setahun terakhir seperti yang selalu terpampang di situs ini secara real time – angka pada saat artikel ini saya tulis – harga emas dalam Rupiah mengalami kenaikan di kisaran 22 %, setahun kedepan angka ini mungkin hanya akan berada di kisaran sekitar 10% (bila perilaku random ini yang kita gunakan) atau sekitar 13.5% bila perilaku linear yang kita gunakan seperti dalam tulisan saya sebelumnya.

 

Jadi, saran saya tetap – yaitu jangan berspekulasi dengan harga emas !. Wa Allahu A’lam.